Candi Prambanan Yogyakarta





 BEST RENT CAR INDONESIA






Candi Prambanan, Yogyakarta
















Candi Prambanan merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang terletak 17 km disebelah timur Kota Jogja. Candi Prambanan sendiri tempatnya berbentuk sebuah kompleks yang terdiri dari beberapa buah candi dengan tiga candi sebagai bangunan utama, yang  kesemuanya menghadap ke timur,  yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu, dan Candi Shiwa sebagai  lambang perwujudan ajaran Trimurti dalam Agama Hindu. 
Ditempat inilah terdapat legenda Roro Jongrang, yaitu kisah tentang seorang pemuda yang bernama Bandung Bondowoso, mencintai gadis bernama Roro Jonggrang, akan tetapi karena Roro Jonggrang tidak mencintainya, Jonggrang meminta Bandung untuk membuat 1000 arca dalam satu malam. Oleh karena kesaktian Bandung Bondowoso, dia hampir bisa memenuhinya sebelum Jonggrang meminta warga desa menumbuk padi dan membuat api besar agar terbentuk suasana seperti pagi hari. Bondowoso yang baru dapat membuat 999 arca kemudian mengutuk Jonggrang menjadi arca yang ke-1000 karena merasa dicurangi.
Tempat ini sungguh menarik, banyak sekali lambang, symbol dan lain sebagainya yang terpahat pada relief candi ini menjadi ilham bagi negara Indonesia ini, seperti lambang Kalpataru yang digunakan sebagai Wahana Lingkungan Hidup (Walhi), bahkan, lambang Burung Garuda negara kita juga diilhami dari tempat ini, Garuda merupakan burung mistik dalam mitologi Hindu yang bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah, berparuh dan bersayap mirip elang. Diperkirakan, sosok itu adalah adaptasi Hindu atas sosok Bennu (berarti 'terbit' atau 'bersinar', biasa diasosiasikan dengan Dewa Re) dalam mitologi Mesir Kuno atau Phoenix dalam mitologi Yunani Kuno. Garuda bisa menyelamatkan ibunya dari kutukan Aruna (kakak Garuda yang terlahir cacat) dengan mencuri Tirta Amerta (air suci para dewa). Selain gambar relief-relief diatas, dalam pahatan di Candi Prambanan, akan ditemukan juga relief kisah ramayana. 
Merupakan sebuat tempat wisata yang pantas untuk dikunjungi bukan.




Head Office : Kiyaran, Sumberagung, Jetis, Bantul, Yogyakarta - Indonesia
Ph. 085743310169

By Rizky with