Rental Mobil Kebajiran Order

Menjelang Idul Fitri, seperti biasa, bisnis per-sewaan mobil lagi diserbu konsumen alias kebanjiran order. Ada yang untuk dipakai mudik ke luar kota atau hanya di dalam kota. Dari pantauan Kompas.com, tipe kendaraan yang banyak diminati adalah jenis mobil keluarga alias multi purpose vehicle atau MPV.
Daddy Doxa Manurung, National Operation Manager TRAC-Astra Rent a Car, mengatakan, kebutuhan konsumen untuk mudik utamanya adalah jenis mobil dengan volume besar. Pasalnya, saat mudik ada tradisi mengajak semua anggota keluarga dan tambahan barang bawaan yang tak sedikit.
Tak heran, dari penelusuran Kompas.com, berbagai perusahaan rental lebih banyak menyediakan MPV. "Hampir 90 persen penyewaan saat Lebaran itu MPV, baik low, medium, atau high," ujar Daddy kepada Kompas.com, hari ini.
Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Rental Kendaraan Indonesia (Asperkindo) Pongki Pamungkas menambahkan, secara umum memang terjadi peningkatan penyewaan kendaraan ketimbang tahun 2009. Hanya, pasar rental ke ritel atau konsumen langsung masih sangat kecil jumlahnya, hanya 5 persen dari total.
"Memang bertambah, tapi bisnis utama rental mobil itu adanya di penyewaan perusahaan (fleet). Kalau menjelang Lebaran seperti ini, masih kecil sekali jumlahnya. Cuma sebagai appetizer," tambah Pongki.
Bagi Anda yang punya niat menyewa kendaraan untuk ke luar kota (tanpa sopir),  mungkin harga yang tertera ini bisa jadi patokan dasar. Pertama, model low MPV yang dihuni berbagai jenis, seperti (Avanza, Xenia, dan APV). Harga yang ditawarkan sekitar Rp 500.000 per hari. Kalau seminggu, biaya yang dikenakan antara Rp 3,5 juta dan Rp 4 juta.
Kedua, mobil medium MPV seperti Innova. Harga yang ditawarkan lebih tinggi, sekitar Rp 660.000 per hari. Biasanya ada juga paket seminggu atau sepuluh hari dengan biaya yang dikalikan lama penyewaan plus PPn 10 persen.
Ketiga, MPV Premium seperti Alphard dengan penawaran harga Rp 2,5 juta per hari.
Selain tipe MPV, ada juga sedan dengan beberapa model. Sedan tipe mini dibanderol Rp 700.000 per hari. Selanjutnya, tipe sedan kecil (small) dibanderol Rp 1,1 juta per hari. Adapun sedan menangah (mid-size) Rp 1,5 juta per hari.

Ditanggung Asuransi Jumlah perusahaan rental yang ada di Ibu Kota memang banyak. Tiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, ada beberapa layanan yang perlu diperhatikan konsumen saat menentukan tempat menyewa mobil untuk mudik. Salah satu yang utama adalah pastikan bahwa perusahaan menanggung biaya asuransi kendaraan.
"Kalau di Trac, memang harga lebih kompetitif, tapi pelayanan di atas rata-rata. Semua mobil dan penumpang dapat asuransi. Kalau ada insiden di jalan, disediakan mobil pengganti atau masuk ke bengkel rekanan terdekat. Selain itu, menabrak mobil lain, maka biaya perbaikan pihak ketiga akan ditanggung perusahaan maksimal Rp 50 juta," beber Daddy.
Nah, jangan sampai salah pilih kendaraan mudik atau perusahaan rental yang ada. Pastikan juga, mobil yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan terutama kantong Anda.


Sumber : Kompas





Head Office : Kiyaran, Sumberagung, Jetis, Bantul, Yogyakarta - Indonesia
Ph. 085743310169


By Rizky with